Senin, 06 Februari 2017

Rangkuman Materi Kelas 9 Semester 2

Rangkuman Materi Kelas 9 Semester 2

A. Menjelajahi Internet




     Internet merupakan sumber informasi yang paling lengkap. Untuk mendapatkan informasi yang diinginkan di internet, pengguna harus menjelahi internet. Menjelajahi internet dapat diartikan menampilkan halaman-halaman web di jendela browser.Untuk menampilkan halaman web dapat dilakukan dengan menggunakan alamat dari halaman web.

1. Browser


    









Browser adalah aplikasi perangkat lunak untuk mengakses halaman web. Ketika browser di jalankan dan diminta untuk menampilakan halaman suatu web, browser akan mencari server web yang sesuai dengan alamat yang di berikan, menerjemahkan kode HTML-nya, dan menampilkan halaman web tersebut di jendela browser. Contoh browser seperti Internet explorer, Mozilla firefox, Opera, Google Chrome, Safari, dll. Tetapi dari sekian banyak browser, browser yang paling diminati adalah Goggle chrome dan Mozilla firefox. 


2. Alamat situs

    Setiap situs di internet memiliki alamat. Alamat situs ini disebut URL (Uniform Resource Locator). Sebuah alamat situs merupakan kombinasi dari protokol yang digunakan, nama host, dan nama domain.

3. Mengunjungi situs tertentu

    Untuk mengunjungi situs tertentu dapat dilakukan dengan mengetik alamat situs yang akan dikunjungi di bar alamat pada browser kemudian klik enter.

4. Search Engine


  








Search Engine adalah suatu program yang digunakan sebagai alat bantu mencari informasi di internet. Untuk memudahkan pencarian di database yang begitu besar, search engine menggunakan indeks untuk memilah-milah informasi yang ada di database. Sedangkan untuk mempercepat dalam pencarian, search engine mempunyai metode pencarian tertentu yang disebut alogaritma. Contoh search engine seperti Google, Ask, Bing, Yahoo, dll. Dari sekian banyak search engine, Google adalah juaranya.

B. E-mail


  E-mail atau electronic mail adalah surat elektronik yang dikirimkan melalui jaringan internet. Selain mengirimkan surat, E-mail juga bisa mengirimkan file-file lampiran. Sebagai sarana komunikasi, e-mail juga memiliki etika-etika yang harus dipatuhi. E-mail memiliki fasilitas mailing list atau milis. Milis adalah kumpulan e-mail yang membentuk komunitas. Milis juga mempunyai aturan yang harus dipatuhi.






C. Chatting dan Jejaring Sosial


 Chatting merupakan aplikasi internet yang menggunakan teknologi IRC (internet relay chat). Chatting dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi chatting atau melalui layanan chatting dari suatu situs tertentu. Salah satu program chatting yang banyak digunakan adalah Yahoo Messenger (YM). Beberapa program chatting menyediakan panggilan video dan suara.
        Internet  telah banyak digunakan sebagai media untuk membangun jejaring sosial online. Situs jejaring sosial yang banyak digunakan saat ini yaitu Twitter dan Facebook. Selain banyak manfaatnya, jejaring sosial juga memiliki bahaya karena jejaring sosial menjadi sarana para predator online untuk menjerat mangsanya. Oleh karena itu kita harus berhati-hati dalam menggunakan jejaring sosial.

D. Blog


     Blog merupakan suatu situs yang dapat digunakan sebagai media untuk mempublikasikan suatu informasi. Situs layanan blog yang banyak digunakan adalah Blogger. Untuk mendesain blog, pengguna dapat menggunakan layanan yang sudah ada maupun dengan mengedit HTMLnya sendiri. Blog juga dapat diisi dengan gambar dan link.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar