Senin, 03 April 2017

pengaruh Internet Terhadap Pembangunan Karakter Bangsa

Pengaruh Internet Terhadap Pembangunan Karakter Bangsa


Karakter adalah sekumpulan kualitas yang membedakan seseorang dari yang lainnya. Menurut American Dictionary of the English Language, karakter adalah kualitas kualitas yang teguh dan khusus yang dibangun dalam kehidupan seseorang yang menentukan responsnya tanpa dipengaruhi kondisi kondisi yang ada. Karakter dari individu diabngun dan berkembang dan sangat dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti pendidikan, lingkungan, keturunan, kebiasaan, dan lain lain.
Karakter baik yang dimiliki bangsa Indonesia merupakan sebuah modal besar untuk membangun dan memajukan bangsa. Maka, karakter baik yang dimiliki bangsa harus tetap dipelihara oleh setiap generasi, termasuk generasi muda dan kemudian harus diwariskan kepada generasi berikutnya.
Dengan terbentuknya generasi muda yang mempunyai karakter kebangsaan yang kuat, mandiri dan cerdas dengan kemampuan memanfaatkan teknologi informasi secara baik dan benar akan membawa bangsa Indonesia duduk sama rendah berdiri sama tinggi sejajar dengan negara lain.
Pada perkembangan zaman yang semakin modern, saat ini banyak orang yang menggunakan Internet. Internet adalah kumpulan jaringan jaringan komputer yang saling terhubung.  DI internet sangat mudah bagi kita untuk mencari sesuatu yang dicari. Di dalam internet pula, terdapat sisi negatif dan sisi positif dalam penggunaannya, dan itu sangat mempengaruhi perkembangan dan pembangunan bangsa indonesia masa kini.
Internet ibarat dunia luas tak berbatas tak ada filter dari pemilik informasi untuk menguji kualitas informasi, tidak ada pertanggung jawaban yang jelas, jauh berbeda dengan media cetak dan TV ketika menyampaikan informasi harus melalui reporter, koreksi redaktur dan kebijakan perusahaan.
Pada internet, terdapat beberapa hal yang dapat mempengaruhi Karakter bangsa Indonesia masa kini, yaitu :
Dampak Positif Internet :
Informasi dan Pengetahuan Yang Tak Terbatas
Internet menyediakan sumber informasi yang tak terbatas selama 7 x 24 jam setiap waktu.
Internet Sebagai Bisnis
Pebisnis internet sukses mengakui bahwa dengan menjalankan bisnis diinternet lebih minim modal bahkan tanpa modal sekalipun dengan ceruk pasar yang lebih luas dibandingkan usaha didunia nyata. Beberapa potensi di internet yang bisa dijadikan ladang bisnis adalah: berjualan produk atau jasa secara online, iklan, afiliasi, dll.
Internet Sebagai Hiburan
internet dengan tujuan untuk mencari hiburan sebagai wadah untuk melepas stress mereka dari aktivitas sehari – hari.
Biaya Pengetahuan Yang Murah
internet menyediakan akses informasi yang murah dengan segala ketidakterbatasan sumber berita dan informasi yang bisa anda dapatkan.
Internet Sebagai Sarana Komunikasi Efisien
Setelah internet muncul, komunikasi yang dapat dijangkau jauh lebih efisien dan praktis dengan keberadaan fungsi email, chatting, hingga voice chat yang menjangkau hingga ke seluruh dunia dengan biaya yang jauh lebih murah.
Internet Memungkinkan Anda Untuk Mengenal Orang dari Segala Penjuru Dunia
Dengan berkembangnya situs jejaring sosial, forum, blog  di internet sangat memungkinkan anda untuk mengenal orang dari segala suku bangsa dan negara dengan mudah meskipun tanpa harus bertemu secara fisik.
Internet Sebagai Keperluan Darurat
etika keluarga anda tiba – tiba meminta anda untuk mengirimkan uang untuk keperluan darurat pada saat anda sedang liburan ke daerah yang tak terjangkau oleh mesin ATM dsb, anda dapat melakukan transfer uang melalui Internet Banking. Untuk beberapa keperluan, internet dapat membantu pengguna untuk keperluan yang cukup mendesak.
Dampak Negatif Internet
Informasi Yang Tak Terfilter
Sebagai wadah yang menyediakan akses informasi yang tak terbatas membuat informasi yang tersedia di internet berbaur antara informasi yang bermanfaat dan tidak membawa manfaat.
Internet Menyebabkan Kecenderungan
Kecenderungan akan internet dapat membuat orang menjadi lupa waktu serta menjadi malas. Tidak heran dewasa ini banyak sekali cafe internet ataupun warnet yang memasang tarif internet murah untuk penggunaan selama beberapa jam secara langsung.
Dampak Buruk Bagi Kesehatan
Banyak sekali orang yang tidak menyadari, terutama bagi mereka yang duduk berlama – lama menggunakan komputer dan internet dapat membawa dampak buruk terhadap kesehatan mereka, terutama jantung, otot dan aliran darah pada tubuh.
Dampak Buruk Bagi Mata
Dengan kecenderungan berlama – lama didepan komputer akan mengakibatkan menurunnya jaringan pada syaraf penglihatan.
Keterbatasan Pergaulan Sosial
Kecenderungan yang berat pada internet dapat berakibat pada keterbatasan pergaulan sosial secara fisik.
Kejahatan dan Penipuan
Salah satu dampak negatif internet adalah sebagai wadah untuk berbuat kejahatan dan penipuan secara terselubung.
Kebebasan Yang Berlebihan
Dengan perkembangan internet yang ditunjang oleh peralatannya saat ini memungkinkan pengguna untuk memperkaya komunikasi menjadi lebih interaktif dan canggih.
Dengan beberapa dampak positif dan negatif internet ada baiknya agar kita dapat memaksimalkan sumber daya yang membawa manfaat bagi kita serta membuang jauh hal – hal yang dapat merugikan bagi kita dan masa depan kita. Karena internet dapat membantu kita sekaligus merugikan kita, membuat kita menjadi orang cerdas juga sebaliknya.
Maka, untuk membuat karakter bangsa Indonesia yang baik, kita perlu berhati hati dan teliti, juga memikirkan dampak yang akan terjadi sebelum kita melalukan hal yang akan diperbuat. Tidak lupa juga agar tidak terbawa bawa dengan hal yang akan merugikan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar